6 Makanan Ciri khas Sidoarjo yang Gurih serta Lezatnya Merayu

Makanan Ciri khas Sidoarjo – Sidoarjo? Dengar nama kota ini tentu yang terbesit di pikiran anda ialah lumpur lapindo yang fantastis itu kan? Yap, memang tidak bisa di pungkiri jika lumpur lapindo sekarang ini telah jadi deskripsi bahkan juga simbol untuk kota yang biasa dimaksud kota udang ini. Tetapi, kesempatan ini kita tidak mengulas mengenai lumpur lapindo. Sebab ada beberapa hal yang lebih dari sebatas lumpur di kota Sidoarjo ini, diantaranya ialah makanan khasnya.

Makanan Khas Sidoarjo

Lontong Kupang Sidoarjo

Lontong Kupang Sidoarjo

Tiap daerah tentu memiliki makanan ciri khas yang dapat dicicip ataupun dibawa menjadi oleh-oleh. Sidoarjo memiliki beberapa makanan ciri khas yang enak, lezat serta cukuplah unik hingga tetap dicari oleh wisatawan yang pergi ke Sidoarjo. Ingin tahu apa makanan ciri khas Sidoarjo? Baca sedetailnya yuk.

1. Lontong Kupang
Ini nih makanan yang ciri khas sekali di kota Sidoarjo. Tentu rugi bila singgah ke sini tetapi belum mencicip nikmat serta lezatnya makanan ciri khas satu ini. Formasi dari makanan ini ialah lontong, kupang, lentho serta siraman kuah kupang. Kupang ialah semacam kerang laut yang memiliki ukuran kecil serta berwarna putih, sedang lentho ialah olahan kacang telo yang berupa oval serupa perkedel, lalu digoreng.
Langkah penyajiannya dengan masukkan potongan lontong serta lento dalam piring, lalu di siram dengan kuah dari kupang dengan ditambah bumbu petis serta bawang putih (sebelum disajikan, bawang putih serta cabe dihaluskan lalu ditambah lagi petis, umumnya dikasih perasan air jeruk nipis). Lebih nikmat jika memakai petis pedas yang digabung cabe rawit yang dihaluskan. Rekan makan lontong kupang yang paling nikmat ialah es degan serta sate kerang. Ditanggung rasa-rasanya mantap serta maknyus.

2. Bandeng Asap
Bandeng asap adalah satu diantara makanan ciri khas sidoarjo yang seringkali jadi oleh-oleh beberapa wisatawan. Makanan ini jadi satu diantara komoditi penting produk olahan perikanan di kota Sidoarjo, tidak hanya bandeng presto, petis, telur asin serta kerupuk udang. Bandeng asap ini dibikin lewat cara dimatangkan lewat proses pengasapan. Sesudah diasap serta dipilah, bandeng asap ini di jual dalam paket box serta umumnya ditambah saus menjadi tambahannya. Sebab proses dari pengasapan, karena itu makanan ini dapat bertahan dalam tempo yang lama.

3. Bandeng Presto
Bandeng presto adalah makanan khas Sidoarjo yang terbuat dari ikan bandeng yang dibuat lewat cara di presto. Presto adalah langkah memasak dengan memakai uap air yang bertekanan tinggi. Sidoarjo adalah penghasil ikan bandeng, hingga banyak olahan ikan yang dibikin dari bandeng, diantaranya ialah bandeng presto. Bandeng presto Sidoarjo mempunyai cita perasaan yang ciri khas hingga membuat disukai beberapa orang. Tidak hanya aroma serta rasa-rasanya yang menggugah hasrat, Anda juga tak perlu repot menghilangkan duri-durinya yang banyak sebab telah dibuat dengan presto.

4. Petis
Sudah tahu petis kan? Petis adalah masakan yang terbuat dari cairan bekas perebusan ikan. Lalu cairan itu dipanasi sampai cairan kuah jadi kental seperti saus yang lebih padat. Lalu petis ditambah lagi gula merah atau gula batok yang mengakibatkan warnanya jadi cokelat pekat condong hitam serta rasa-rasanya manis. Walau banyak daerah yang membuahkan petis, Tetapi masakan satu ini diketahui menjadi masakan ciri khas dari kota Sidoarjo. Petis di kota Sidoarjo terbanyak diproduksi di desa Balongdowo. Petis paling enak untuk penambahan lontong kupang serta bermacam gorengan.

5. Telur Asin
Telur asin adalah makanan yang berbentuk praktis yang bisa dikonsumsi langsung serta bisa digabungkan dengan makanan yang lain menjadi penambahan, seperti nasi lengko serta nas jamblang. Telur asin ini terbuat dari telur bebek yang diproses lewat cara pengasinan (diawetkan dengan memberikan garam yang banyak untuk menonaktifkan enzim perombak). Telur asin ini begitu awet, rata-rata dapat di mengkonsumsi dalam rawan waktu sebulan. Kota Sidoarjo adalah satu diantara penghasil telur asin, persisnya di daerah Kebonsari. Daerah ini memang populer menjadi kampung bebek serta telur asin.

Telur asin yang dibuat dari desa Kebonsari memiliki beberapa bermacam perasaan seperti perasaan udang serta perasaan kepiting. Pilihan telur asin yang bisa dibawa pulang yakni telur asin panggang serta telur asin rebus.

6. Kerupuk Udang
Kerupuk udang adalah makanan yang memiliki bahan basic adonan tepung tapioka serta udang yang telah ditumbuk halus lalu dikasih bumbu serta penambah perasaan. Lalu adonan itu dikukus sampai masak lalu iris tipis-tipis. Potongan tipis-tipis itu lalu dijemur sampai kering di bawah sinar matahari sepanjang kira-kira 2 sampai 3 hari. Potongan kerupuk yang telah kering juga siap untuk digoreng kapanpun.
Indonesia mempunyai banyak daerah menjadi penghasil kerupuk udang yang enak serta berkualitas, diantaranya ialah Kota Sidoarjo. Jumlahnya produksi kerupuk udang di kota ini tidak lepas dari Sidoarjo menjadi penghasil udang. Perasaan dari kerupuk udang Sidoarjo ini begitu enak, manis gurih serta begitu pas untuk cemilan waktu melihat TV atau rekan waktu makan.

Jadi bagaimana? Telah tertarik bertandang ke kota udang?

Demikian beberapa makanan ciri khas kota Sidoarjo. Bila ada pendapat, masukan, atau penambahan, silakan tuliskan pada kolom komentar. Mudah-mudahan berguna serta terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *