7 Makanan Ciri khas Ponorogo Yang Perlu Anda Cicipi

Makanan Ciri khas Ponorogo – Ponorogo satu diantara kabupaten disamping paling barat Jawa Timur, bukan sekedar populer akan kesenian reog nya saja. Banyak pula kudapan ciri khas Ponorogo yang harus dicoba, bila mengunjunginya. Dibanding berlama – lama di bawah ini makanan ciri khas Ponorogo yang ditanggung membuat suka.

Makanan Khas Ponorogo

Rujak Petis Welirang Ponorogo

Rujak Petis Welirang Ponorogo

1. Sate Ayam Ponorogo
Makanan ciri khas Ponorogo yang terpopuler ialah Sate Ponorogo. Bahkan juga, sate ini adalah saingan berat untuk Sate Madura. Perbedaannya, Sate Ponorogo tidak dipotong – potong bentuk dadu tetapi disayat tipis panjang serupa fillet. Hingga lemak atau gajih dapat disisihkan. Diluar itu, proses membuatnya di rendam dahulu dengan kecap serta minyak sayur. Baru lalu dipanggang diatas “Anglo”, yaitu tungku panggang dari tanah liat yang panjang. Sesudah masak baru diangkat serta dibumbui dengan bumbu kacang. Masalah rasa-rasanya benar – benar enak serta bumbunya meresap sampai ke. Dagingnya gurih serta empuk. Lebih enak , jika di santap dengan lontong atau ketupat. Tentunya membuat kamu makin kenyang.

2. Pecel Ponorogo
Masakan pecel memang benar ada dimana – mana, tetapi Ponorogo mempunyai masakan pecel yang ciri khas. Pecel Ponorogo diketahui dengan nama Pecel Tumpuk. Pecel ini begitu ciri khas sebab sambal kacangnya yang begitu kental serta lebih pedas. Belum juga, isian sayurnya yang lebih komplet, dari mulai sayuran hijau, tauge, kemangi, lamtoro sampai mentimun. Pecel Ponorogo umumnya diberikan dengan kacang pedas serta oseng atau diketahui dengan tumis. Kamu dapat juga pilih lauk Pecel Tumpuk yang beragam macam, sebutlah saja tempe goreng, bakwan atau piya – piya serta ada banyak jenis gorengan yang lain.

3. Rujak Petis Welirang
Makanan ciri khas Ponorogo yang selanjutnya begitu cocok untuk kamu yang suka pada rujak atau gado – gado. Tetapi, tentunya rujak Ponorogo berlainan dengan yang lain serta mempunyai cita rasa tertentu. Rujak Petis Welirang mempunyai rasa lebih gurih. Masalahnya petis yang dipakai digabung dengan sambal. Rasa-rasanya hampir serupa dengan Rujak Cingur di Surabaya. Akan tetapi, rujak ini tidak memakai cingur serta kaki kambing.

4. Sego Tahu
Kudapan dari Ponorogo yang selanjutnya serta pantas kamu coba ialah Sego Tahu. Makanan ini terbagi dalam nasi putih atau kamu dapat menggantinya dengan lontong serta tahu bumbu. Tahu bumbu yang diberikan adalah tahu putih yang dikopyok dengan telor 1/2 masak, lalu dipotong – potong serta diberikan dengan taburan bawang goreng, kacang goreng, seledri serta kecap manis. Buat kamu yang menyukai dengan rasa pedas dapat memberikan tambahan sambal sendiri sesuai dengan hasrat. Masalah rasa-rasanya, Sego Tahu Ponorogo mempunyai rasa gurih serta manis dari kombinasi tahu serta kecap. Ditambah dengan rasa pedas dari sambal. Tentunya kombinasi kudapan ini begitu unik serta membuat kenyang perut.

5. Gethuk Golan
Makanan ciri khas Ponorogo yang seterusnya berbentuk jajanan tradisionil serta seringkali didapati, yaitu Gethuk Golan. Bahkan juga, buat warga Ponorogo Gethuk dari Desa Golan, Kecamatan Sukorejo mempunyai rasa yang ciri khas. Bila Gethuk biasanya terbuat dari singkong yang ditumbuk serta digabung dengan gula merah, Gethuk Golan cukuplah berlainan. Penyajian Gethuk ini diimbangi dengan ketan hitam, parutan kepala serta gula merah yang telah dicairkan. Tetapi sayangnya, untuk nikmati Gethuk Golan, kamu harus pergi ke Desa Golan sendiri. Masalahnya gethuk ini cukuplah langka. Tetapi disana kamu akan memperoleh Gethuk Golan dengan rasa yang otentik. Desa Golan sendiri ada seputar 8 km dari pusat kota Ponorogo. Kamu dapat memperoleh Gethuk Golan cukup dengan 2000 sampai 3000 saja.

6. Es Dawet Jabung
Tidak cuma kudapan saja yang perlu dicoba waktu bertandang ke Ponorogo, minuman beri kesegaran dari Ponorogo ditanggung membuat kamu suka. Diantaranya Es Dawet Jabung yang berisi cendol, bubur ketan, nangka serta gempol (ketan). Lalu disiram dengan kuah santan, serta diberi gula merah cair atau air gula serta dikit garam. Bila umumnya cendol mempunyai warna hijau, cendol dalam Es Dawet Jabung mempunyai warna putih. Masalahnya cendol ini terbuat dari tepung beras serta tidak memakai bahan pengawet apa pun. Untuk penyajiannya unik, yaitu dengan mangkuk kecil. Bahkan juga waktu penjual akan memakai lepek dibawah mangkuk waktu memberi pada pengunjung.

7. Tiwul goreng
Mungkin sekarang ini nasi tiwul cukuplah langka, bahkan juga di desa – desa jarang-jarang didapati tiwul serta semua telah memakai nasi putih. Banyak yang katakan jika tiwul adalah makanan orang miskin. Walau sebenarnya tiwul enak serta mempunyai kandungan yang tidak kalah dengan beras. Di Ponorogo sendiri ada desa yang masih menyediakan tiwul, persisnya di seputar Telaga Ngebel. Makanan ciri khas Ponorogo yang satu ini diberi nama dengan Tiwul Goreng. Istimewanya, masakan yang terbuat dari singkong ini di rendam terlebih dulu. Akhirnya akan membuahkan gaplek dengan kualitas paling baik. Untuk rasa-rasanya begitu enak serta menggugah hasrat sebab berwarna coklat jelas. Tiwul Goreng ini akan makin nikmat waktu disantap dengan ikan nila goreng.

Itulah tadi Makanan Khas Ponorogo yang bisa Anda jadikan sebagai refrensi sebelum Anda berlibur ke Ponorogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *