5 Pesona Wisata Andalan Jawa Tengah

5 Pesona Wisata Andalan Jawa Tengah – Jawa tengah selain kental dengan kebudayaan jawa , di wilayah ini juga terdapat banyak sekali wisata menarik yang harus anda kunjungi. Pada musim libur tiba kota jawa tengah selalu dipadati banyak pengunjung yang sengaja datang untuk travelling. Lalu diana saja sih wisata jawa tengah yang paling banyak dikunjungi?? berikut ada beberapa referensi wisata ketika anda berada di jawa tengah :

1. Candi Borobudur – Magelang

Candi Borobudur – Magelang

Candi Borobudur – Magelang

Simbol wisata sangat populer di Jawa Tengah ialah Candi Borobudur yang terdapat di Magelang, persisnya 40 km arah barat laut Yogyakarta. Obyek wisata di Jawa Tengah ini adalah peninggalan agama Buddha waktu lampau.

Tidak hanya adalah candi Buddha paling besar dalam dunia yang sarat akan nilai riwayat, Borobudur ikut didapuk menjadi satu diantara 7 keajaiban dunia. Di kompleks Candi Borobudur sendiri ada 1.460 relief dan 504 stupa yang sampai saat ini masih tetap terbangun keasliannya.

Untuk dapat nikmati jejak riwayat yang benar-benar menarik ini jangan lupa untuk Cek Tiket , Untuk harga Tiket masuk sebesar Rp15.000 (wisatawan domestik) dan USD20 untuk wisatawan mancanegara. Murah, kan?

2. Candi Prambanan – Klaten

Masih tetap mengenai tempat wisata riwayat. Kesempatan ini ada Candi Prambanan yang terdapat di Klaten, persisnya di lokasi perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kamu pasti tidak asing kan dengan legenda Roro Jonggrang yang minta Bandung Bondowoso bangun 1.000 candi pada sebuah malam? Ya, Prambanan-lah jawabannya.

Saat bertandang ke obyek wisata di Jawa Tengah ini, Kamu bukan sekedar akan disajikan dengan jejak riwayat yang eksotis, tetapi ikut hijaunya pohon-pohon yang tumbuh di seputar ruang candi. Juga sebab terdapat di perbatasan, candi ini diurus dengan kerja sama pada DIY dan Jawa Tengah.

Candi Prambanan yang disebut komplek candi Hindu paling besar di Indonesia sempat alami seringkali pemugaran, terpenting saat gempa Jogja pada 2006 yang lalu. Walau demikian, kesan-kesan asli candi yang bersejarah tidak hilang dari bangunan ini.

3. Puri Maerokoco – Semarang

Bila Kamu ingin kenal kebudayaan Jawa Tengah secara detail, berkunjunglah ke Puri Maerokoco di Semarang. Di Taman Mini Indonesia Indah-nya Jawa Tengah ini Kamu dapat melihat sebagian type kebudayaan ciri khas Jateng seperti baju ciri khas, rumah kebiasaan, sampai permainan tradisionil.

Obyek wisata di Jawa Tengah ini begitu pas jadikan tujuan Travelling akhir minggu bersama dengan keluarga, terpenting untuk si kecil, sebab terdapat sebagian wahana menarik yang dapat dicoba, dari mulai perahu, kereta, sepeda air, dan wahana lainnya yang tidak kalah menarik.

4. Kota Lama – Semarang

Masih tetap di Semarang, salah satunya tempat wisata menarik jawa tengah yang sayang untuk ditinggalkan saat ada di Kota Lumpia ini ialah Kota Lama. Kota Lama sendiri adalah satu lokasi yang oleh pemerintah kolonial dahulu jadikan menjadi pusat perniagaan.

Di sini, Kamu dapat menjumpai bangunan-bangunan peninggalan Belanda, seperti Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Jembatan Mberok, PT Pelni, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Polder Air Tawang, dan ada banyak kembali yang lain.

Dikit info, Kota Lama Semarang ikut dijuluki menjadi The Little Netherland (Belanda Kecil), karena ide dan tata kelola tempat di sini begitu serupa dengan salah satunya pojok kota di Belanda.

Yang menarik, Kamu dapat berkunjung ke sebagian tempat makan yang masih tetap begitu bau Eropa, baik dari bangunannya ataupun menu yang di tawarkan, diantaranya ialah Toko Oen yang disebut salah satunya obyek wisata kuliner di Semarang yang sangat populer. Menu favorite pengunjung di restoran ini ialah es cream. Jika ada di Kota Lama, janganlah lupa singgah ke tempat makan yang satu ini, ya.

Baca Juga : Tempat Nongkrong di Tuban Yang Populer

5. Lawang Sewu – Semarang

Tidak hanya Kota Lama, Kamu ikut dapat melihat bangunan peninggalan jaman kolonial di Lawang Sewu, Semarang. Walau namanya Lawang Sewu, bukan bermakna bangunan ini mempunyai 1.000 pintu. Akan tetapi bangunan ini memang mempunyai jumlahnya pintu yang banyak sekali.

Pada jaman dahulu, Lawang Sewu digunakan menjadi kantor pusat perkeretaapian di lokasi Semarang. Tidaklah heran jika bertandang kesini, Kamu akan lihat banyak miniatur kereta yang dipajang di meja yang dilindungi kaca-kaca.

Aura mistis saat itu juga akan menyergap Lawang Sewu saat malam hari. Jika Kamu senang menguji nyali, coba hadir dan telusuri bangunan kuno ini saat matahari telah tenggelam, ditanggung bulu kuduk Kamu akan merinding. Keindahan dan keklasikan arsitektur bangunannya ikut membuat obyek wisata di Jawa Tengah ini seringkali jadikan latar photografi, syuting film, dan semacamnya.

Oh ya, di muka Lawang Sewu ikut ada Tugu Muda yang dibuat untuk kembali kenang pertarungan 5 hari di Semarang. Tugu Muda ikut semakin lebih sengit jika didatangi saat malam hari. Di sekelilingnya ada bangku-bangku kecil yang disiapkan untuk pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *